Minggu, 19 Februari 2023

Placement Test Calon Anggota Baru ICIS dilaksanakan secara offline



Pada hari Sabtu, (18/2) seluruh calon anggota baru ICIS UIN KHAS Jember melaksanakan kegiatan placement test. Placement test dilakukan satu kali dalam satu periode kepengurusan. Tepatnya sebelum acara PERGABA (Perekrutan Anggota Baru) dilaksanakan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dari masing-masing calon anggota baru  ICIS UIN KHAS agar dapat menempatkan atau menyesuaikan kemampuannya di masing-masing kelas.

Placement test dimulai dari jam 08.00 - 12.00 WIB  secara offline di beberapa gedung.  Untuk Gedung J dikhususkan calon anggota baru divisi bahasa asing (Arab dan Inggris). Sementara pembagian ruangan Gedung G digunakan untuk divisi ilmu Qurani dan seni (fahmil, tahfidz, tilawah dan kaligrafi). Divisi bahasa inggris menempati posisi paling atas dengan jumlah peserta terbanyak yaitu sebanyak 99 peserta, dari total keseluruhan 360 peserta.

Soal yang diujikan tiap divisi berbeda-beda. Mulai dari divisi yang pertama divisi bahasa inggris. Placement test nya meliputi tes kemampuan bahasa inggris dengan menjawab soal yang sudah disediakan di google form sebanyak 50 soal serta interview seputar ICIS. Divisi yang kedua yaitu bahasa arab. Soal yang disajikan berupa tes tulis sebanyak 10 soal dan wawancara oleh kadiv wakadiv secara langsung. Yang ketiga yaitu ada divisi Fahmil. Sebelum diadakan placement test, kadiv atau wakadiv membagikan bahan ajar yang kemudian dihafal untuk ditanyakan ketika placement test serta dilaksanakan interview setiap peserta. Yang keempat yaitu divisi kaligrafi. Proses placement test yang dilakukan yaitu peserta bebas memilih dalam menulis surah ad-duhaa, at-tiin, dan at-thariq. Kadiv dan wakadiv hanya menyediakan kertas HVS kosong yang kemudian diberikan kepada masing-masing peserta. Setelah itu dilakukannya tes interview juga. Divisi selanjutnya yaitu tahfidz. Soal yang diujikan ada 3 kategori. Mulai dari membaca al-qur’an dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar, tes hafalan yang dimiliki serta tes interview. Divisi yang terakhir yaitu tilawah. Setiap peserta mengikuti tes tilawah atau tartil, lalu tes interview terkait pertanyaan umum dari pengurus dan pertanyaan tambahan dari divisi.

Dari pemaparan yang telah disebutkan diatas, dapat kita ketahui bahwa dengan adanya kegiatan ini, calon anggota baru akan lebih terpetakan sesuai kemampuan yang dimilikinya dengan pengajaran yang berada didalamnya.



By : Indah Ismi Utami


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUKSES! PBAK UIN KHAS JEMBER 2024 BERHASIL DI GELAR.

ICIS - Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember Berhasil melaksanakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasi...