Sabtu, 29 Juli 2023

Ada Apa dengan 30 Juli?

Hari Persahabatan Internasional : Menjaga kesolidaritasan dengan sahabat 


  
        

        Setiap tahun tanggal 30 Juli, merupakan Hari Persahabatan Internasional. Dimana hari ini orang orang mulai mengenang moment yang indah dengan sahabatnya, kesempatan untuk memperbaiki tali kesolidaritasan meskipun tak banyak orang mengetahuinya akan adanya Hari Persahabatan Internasional tersebut. Setidaknya kita pertegas daya ingat terkait hari spesial ini. Meluangkan waktu dengan sahabat merupakan suatu hal yang sangat luar biasa dalam menjalin indahnya persahabatan. Karna sahabat adalah orang yang selalu ada ketika kita butuh. Pada tahun 2023, Hari Persahabatan Internasional ini jatuh pada hari minggu, 30 Juli 2023.

        Kisah Persahabatan Internasional ini digagas oleh seorang tokoh bernama Hallmark pada tahun 1919. Mereka seharusnya merayakan persahabatan mereka dengan saling mengirim surat. Pada tahun 1940 pasar mulai mengering serta tidak berguna lagi(mati). Kemudian UNESCO menciptakan Proposal dengan tujuan sebagai budaya yang damai dalam segi nilai,  sikap dan tingkah laku masyarakat dalam menghindari kekerasan serta berupaya untuk mencegah adanya konflik. Pada tahun 1977 majlis umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mulai menyetujui gagasan tersebut.

       Di situs Nasional Today, jauh sebelum Hari Persahabatan Internasional Perserikatan Bangsa Bangsa, tampak bahwa Hari Persahabatan Nasional telah diusulkan pada tahun 1958. Dalam kampanye ramah dunia Pertama  diusulkan untuk merayakan Hari Persahabatan Nasional. Kampanye  Persahabatan Dunia adalah masyarakat sipil Internasional yang mempromosikan budaya perdamaian melalui perantara Hari Persahabatan. Negara pertama kali yang merayakan hari persahabatan ini adalah Paraguay. Hari Persahabatan Nasional ini dirayakan setiap 30 juli.

       Tidak semua orang dapat merayakan hari spesial ini, dan banyak pula orang yang mengabaikan adanya hari tersebut hanya karna lebih mengutamakan kesibukan atau aktivitas dirinya sendiri. Padahal, hari ini merupakan kesempatan bagus untuk memberi tahu kepada sahabat kita. Meluangkan waktu untuk merayakannya meskipun dalam perayaan tersebut tidak begitu besar dan meriah.

       Di era milenial ini, semua telah canggih kita bisa menghubungkan sahabat kita dengan cara memberi ucapan selamat atas Hari Valentine Persahabatan nya lewat media sosial. Atau lebih seru lagi jika kita rencanakan dari jauh hari agar lebih surprise dengan menyiapkan kado atau bingkisan yang akan diberikan kepada sahabat sebagai tanda menjaga kesolidaritasan dengannya serta mempererat tali persahabatannya. Selain itu kita bisa berkumpul menciptakan moment bahagia dan saling menikmati hari tersebut dengan sahabat, mengenang masa masa yang telah dilewatinya sebelumnya baik itu duka mau suka.

       Gus miftah menyampaikan dalam dakwanya " Teman itu banyak seperti daun, tetapi sahabat itu seperti berlian mahal dan jarang adanya". Dengan demikian mari kita luangkan waktu dengan sahabat selama kita masih bisa bercanda saling bertukar cerita menjadikan moment indah dihari Persahabatan ini bersama sama sebagai tanda kepedulian kita terhadap sahabat.


Hari Ikrar Gerakan Pramuka : Meningkatkan semangat jiwa kepanduan pada generasi muda bangsa Indonesia



Salam pramuka!!!

    Setiap tahunnya tepat pada tanggal 30 Juli diperingati sebagai hari ikrar gerakan pramuka, Tentunya di tanggal ini mempunyai makna yang begitu penting bagi perjalanan sejarah berkembangnya pramuka di Indonesia. Hari ikrar gerakan pramuka sendiri ditetapkan atas latar belakang adanya sebuah momentum peleburan berbagai  organisasi gerakan pramuka pada 30 Juli 1961. Bagi seluruh anggota gerakan pramuka utamanya, hari ikrar gerakan pramuka merupakan sebuah momen penting yang digunakan untuk merefleksikan dan mengevaluasi apa saja yang telah mereka kontribusikan pada bangsa sebagai seorang penerus bangsa yang memiliki semangat jiwa kepanduan yang berkualitas dan unggul.

    Nah janji atau ikrar dalam gerakan pramuka sendiri dikenal dengan nama trisatya, yang berisi 3 sumpah: Pertama, enjalankan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Menjalankan pancasila. Kedua, menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat. 3.Menepati Dasa Dharma.

    Awal mula terjadinya hari ikrar gerakan pramuka ialah ketika pada 30 Juli 1961, para tokoh-tokoh kepanduan Indonesia berkumpul di Istora Senayan untuk menyatakan keinginan meleburkan diri dan bergabung dengan organisasi gerakan pramuka. Sehingga pada akhirnya hari bersejarah itu dinamakan hari ikrar gerakan pramuka. Kemudian pada tanggal 14 Agustus 1961 diadakanlah Mapinas ( Majelis pimpinan nasional), yang ditandai dengan adanya sebuah penyerahan panji-panji pramuka. Pada momen ini Mapinas diketuai oleh Presiden soekarno, dengan wakil ketua I Sultan Hamengkubuwono IX, dan wakil ketua II Brigjen TNI Dr. A. Azis Saleh. Peristiwa penyerahan panji-panji pramuka pada tokoh-tokoh kepanduan Indonesia ini dihadiri oleh ribuan anggota gerakan pramuka, dengan tujuan untuk memperkenalkan gerakan pramuka kepada seluruh masyarakat Indonesia. Karena adanya peristiwa tersebut akhirnya hari itu dikenal dengan hari lahirnya pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

    Dalam momentum ini biasanya telah dijadwalkan di setiap Gudep, Kwarran, Kwarcab, Kwarda dan Kwarnas, banyak kegiatan seperti upacara, kemah, jambore dan banyak lomba yang berkaitan dengan kepramukaan, kegiatan-kegiatan tersebut biasanya dilaksanakan di bulan Agustus karena berdekatan dengan hari lahirnya pramuka. Kegiatan umum yang diadakan adalah kemah besar yang diikuti oleh seluruh anggota gerakan pramuka, didalamnya terdapat banyak acara seperti upacara, lomba, dan pembacaan ikrar/janji pramuka didepan api unggun saat malam tiba. Tujuannya untuk menyemarakkan hari pramuka, serta menanamkan nilai kerjasama, tanggung jawab, kepemimpinan serta semangat gotong royong pada seluruh anggota pramuka.

    Hari ikrar gerakan pramuka menjadi hari yang memiliki sebuah makna penting tersendiri bagi seluruh anggota pramuka, karena ketika mereka kembali mengucapkan ikrar atau janji untuk meleburkan diri dalam gerakan pramuka, sejatinya mereka sedang ikut berpartisipasi dalam peran pembentukan generasi muda yang unggul dan berkualitas.

    Dengan demikian momentum hari ikrar gerakan pramuka ini dapat dijadikan momen pengingat generasi muda agar selalu meningkatkan semangat jiwa kepanduan dan ikut berkontribusi dalam gerakan pramuka. Semakin banyak generasi bangsa yang ikut berkontribusi dalam gerakan pramuka, semakin banyak pula bibit penerus bangsa yang unggul dan siap menghadapi tantangan besar di masa depan. 


By : Aufa Nabila & Alda Karunia
Editor : Kabid & Wakabid Litbang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUKSES! PBAK UIN KHAS JEMBER 2024 BERHASIL DI GELAR.

ICIS - Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember Berhasil melaksanakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasi...