Rabu, 28 Juni 2023

Hari Keluarga Nasional Mewujudkan Keluarga Yang Berkualitas

 



Ditetapkannya tanggal 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional merupakan momentum yang istimewa untuk memperbaiki hubungan kita dengan keluarga. Walaupun tak banyak yang mengetahui akan adanya hari tersebut, melalui keputusan RI Nomor 39 Tahun 2014 menjadi salah satu pengingat bagi kita, agar senantiasa menjalin hubungan baik serta menyempatkan waktu berkumpul bersama keluarga.

Penggagas Hari Keluarga Nasional sendiri ialah Prof. Dr. Haryono Ketua Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di era presiden Soeharto atau yang sekarang dikenal Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Beliau mengutarakan tiga pokok pikiran diantaranya yaitu: Semangat kepahlawanan serta perjuangan bangsa, menghargai keluarga, membangun keluarga yang bekerja keras serta mampu membenahi diri untuk menjadi keluarga yang sejahtera. Dalam momentum memperingati Hari Keluarga Nasional, beberapa daerah di Indonesia mengadakan suatu kegiatan yang berbeda-beda. Salah satunya di daerah Jawa Barat melakukan upaya penguatan peran keluarga dalam percepatan penurunan stunting dengan berbagai kegiatan seperti: pelayanan kepada masyarakat, pameran pencapaian program, pemberian apresiasi dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan lainnya yang diharapkan menyentuh seluruh lapisan masyarakat terutama masyarakat yang beresiko stunting. Manfaat dari kegiatan-kegiatan tersebut tak lain agar kualitas keluarga menjadi lebih baik, bisa merubah hidup sehat dan terencana, serta menyelamatkan masa depan generasi penerus bangsa.

Hari Keluarga Nasional diperingati dengan tujuan agar dapat meningkatkan peran keluarga di masa mendatang. Bahwasanya keluarga merupakan tiang negara. Jika keluarga hidup berkualitas, maka Indonesia juga berkualitas serta sejahtera. Ingat, dari suatu keluarga yang sejahtera maka lahirlah keluarga yang sehat serta cerdas. Membentuk suatu bangsa Indonesia serta membentuk keluarga merupakan nafas kehidupan, maka membentuk keluarga juga termasuk membentuk suatu bangsa.

Dengan demikian, mari kita jadikan momentum Hari Keluarga Nasional ini sebagai momen untuk memperhatikan kualitas keluarga dan untuk memperkuat fungsi keluarga. Di mana keluarga menjadi tempat untuk memberikan perlindungan penuh kasih sayang serta menjaga kesehatan setiap anggota keluarga.


By : 
Enik Syarifatul Jannah
Editor : Kabid & Wakabid Litbang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUKSES! PBAK UIN KHAS JEMBER 2024 BERHASIL DI GELAR.

ICIS - Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember Berhasil melaksanakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasi...