Minggu, 19 November 2023

AKULTURASI BUDAYA DALAM BINGKAI MA’RIFAH JILID VII

 


Sabtu, 18 November 2023 ICIS UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember kembali mewarnai kampus tercinta. Kali ini ICIS UIN KHAS Jember mengadakan agenda tahunan terbesar yakni acara MA’RIFAH JILID VII. Acara grand opening Ma’rifah ini diadakan di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) UIN KHAS Jember. Ma’rifah Jilid VII kali ini mengangkat tema “The Enchanted Of Culture”, berasal dari kata “The Enchanted” yang berarti pesona dan “Culture” berarti budaya. Tema ini mengusung simbol wayang dan masjid kudus. Simbol wayang disini melambangkan suatu budaya khas Indonesia yang mampu mempersatukan umat Islam melalui sarana dakwah yang dibungkus dengan kisah berbagai tokoh-tokoh dan cerita-cerita yang dapat diambil hikmahnya. Sedangkan simbol menara kudus disini melambangkan arti dari persatuan budaya yang ada pada saat itu, yaitu budaya Hindu Budha dan Islam yang terlihat dalam arsitekturnya. Jadi, dapat diartikan bahwa makna dari filosofi acara Ma’rifah Jilid VII ini adalah gambaran keberagaman anggota ICIS yang menyatukan berbagai unsur budaya dan diwujudkan dalam divisi seni qur’ani, ilmu qur’ani dan ilmu bahasa asing.

Acara grand opening Ma’rifah banyak dihadiri oleh para tamu undangan diantaranya yaitu peserta lomba, HMPS, pembina ICIS, dewan konsultan dan kehormatan, serta wakil rektor III UIN KHAS Jember yang mewakili rektor UIN KHAS Jember.  Hal ini menunjukkan bahwa keberagaman bukanlah penghalang untuk menyambung silaturahmi.

Grand Opening dimulai pada pukul 08.30 WIB dan dibuka oleh MC 3 bahasa yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan juga Bahasa Indonesia yang menghangatkan pagi hari itu. Dengan performa yang tinggi tentunya sangat mencerminkan semangat dari para pembawa acara dalam menyukseskan acara Ma’rifah Jilid VII pada kali ini. Dimulai dengan acara pembukaan, pembacaan ayat suci al-qur’an, sambutan-sambutan hingga hiburan yang terlaksana satu demi satu dengan tanpa adanya hambatan. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua umum panitia Ma’rifah Jilid VII yaitu Ahmad Farid Mukhlis yang disusul oleh sambutan kedua disampaikan oleh presiden ICIS yaitu Zahrotun Nur Fadillah dan sambutan terakhir disampaikan oleh rektor UIN KHAS Jember yang diwakili oleh wakil rektor III UIN KHAS Jember yaitu, bapak Dr. Khoirul Faizin. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan “selamat dan semangat atas terlaksananya acara Ma’rifah Jilid VII.” Untaian kata demi kata disampaikan berhasil menumbuhkan semangat para audience, baik dari tim panitia, peserta maupun tamu undangan.

Setelah penyampaian sambutan-sambutan, dilanjutkan oleh acara peresmian pembukaan Ma’rifah Jilid VII dengan adanya simbolis yang dipimpin oleh ustadz Nidzom Hamami selaku pembina ICIS dan didampingi oleh presiden ICIS dan ketua Ma’rifah Jilid VII. Setelah acara resmi dibuka, dilanjutkan dengan sambutan oleh ustad Nidzom, selaku Pembina ICIS. Beliau menceritakan napak tilas perjalanan ICIS UIN KHAS Jember dan menyampaikan bahwa ajang Ma’rifah ini bukan hanya untuk mengadu kemampuan dan kemahiran, namun juga menjalin ukhwah islamiyah baik antara panitia dan juga peserta. Pesan beliau kepada peserta Ma’rifah Jilid VII yakni agar tetap selalu semangat, berkarya dan berprestasi. Lawan dalam lomba bukan berarti musuh yang harus kita habisi namun tak lain adalah saudara yang harus kita rangkul. Tak lupa beliau juga berpesan terhadap seluruh panitia untuk selalu saling mendukung dan saling bekerjasama dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh ICIS UIN KHAS Jember.

Sebelum acara tersebut berakhir, para audience disuguhkan dengan penampilan tari wonderland Indonesia yang ditampilkan oleh lima penari dari anggota ICIS UIN KHAS Jember. Penampilan yang sangat memukau dan mendapat tepuk tangan banyak dari para audience.


By : Choula Afifah & Yuly Navisah

Editor : Kabid & Wakabid


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SUKSES! PBAK UIN KHAS JEMBER 2024 BERHASIL DI GELAR.

ICIS - Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember Berhasil melaksanakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasi...